Bagaimana cara menulis artikel tanpa mengetik

Pasti anda penasaran kan dengan judulnya, "Bagaimana cara menulis artikel tanpa mengetik?". Jaman sekarang yang serba canggih, tentu saja hal itu menjadi mungkin. Caranya, Anda membutuhkan bantuan sofware yang disebut speech to text alias suara menjadi teks. Anda tinggal bicara lalu suara Anda akan ditampilkan menjadi teks. Jika sudah selesai, Anda bisa copy lalu paste ke dalam blog. Mudah bukan?

Sofware yang Saya Gunakan

Ada banyak sekali sofware speech to text yang tersedia di internet. Tapi dari sekian banyak yang sudah saya coba, saya lebih suka dengan speechnotes.co. Anda bisa langsung menggunakan sofware tersebut di situsnya speechnotes.co. Kelebihan sofware ini adalah kemunculan teksnya sedikit lebih cepat dibanding sofware sejenis lainnya. Sofware ini juga gratis, sama halnya dengan sebagian besar sofware sejenis lainnya, meskipun ada juga jenis sofware yang sama yang berbayar.


Alat Bantu

Untuk bisa menggunakan sofware ini, Anda perlu alat bantu berupa mikrofon. Tenang, Anda tidak harus menggunakan mikrofon bagus dan mahal. Saya sendiri hanya menggunakan mikrofon dari earset untuk smartphone Samsung dan hasilnya tidak ada masalah. Kalaupun Anda harus membeli earset seperti ini, harganya hanya sekitar 15-25 ribuan di toko asesoris handphone, tentunya lebih murah dibanding Anda harus membeli mikrofon khusus. Nah, bentuknya seperti ini : 


Cara Menjalankan Sofware

Nah, asyiknya menjalankan sofware ini adalah Anda tidak perlu donlot. Cukup buka situsnya saja, tampilannya seperti ini :


1. Pilih Bahasa
Langkah pertama adalah ubah dulu ke dalam bahasa yang ingin Anda gunakan, misalnya bahasa Indonesia. Sofware ini bekerja berdasarkan sinkronisasi suara dengan database. Jadi kalau Anda bicara dalam bahasa Jerman sedangkan pilihan bahasa belum diubah maka sofware ini bakalan kebingungan .. hahaha. Cara mengubah bahasa lihat di bawah ini :


Selanjutnya tinggal pilih bahasa yang akan Anda gunakan :


2. Colokkan Earset
Selanjutnya, Anda harus mencolokkan jack earset Anda ke colokan yang tersedia di laptop Anda. Lalu, klik ikon mikrofon pada sofware.

Jika mikrofon Anda sudah terhubung maka ikon mikrofon pada sofware akan menampilkan tanda titik merah yang berkelap kelip.

3. Tes Suara
Silakan tes dengan bicara pada mikrofon earset Anda. Saya sudah mencoba dan ini hasilnya.


4. Penambahan Tanda Baca
Nah, setiap kali Anda selesai membacakan 1 kalimat, Anda tentu perlu tanda titik. Anda cukup klik di sebelah kanan, atau untuk menggunakan tanda baca lainnya.



Nah, gampang kan cara menulis artikel tanpa mengetik? Sekarang menulis artikel bisa sambil nonton tivi, menyetrika, mengasuh anak, dll.


pengertian sukses adalah dambaan hidup

Banyak yang salah kaprah bahwa sukses itu identik dengan banyak harta, banyak uang, dst. Sukses selalu diukur dengan materi, padahal ukuran sukses bukan materi. Sukses adalah ketika kita berhasil meweujudkan suatu rencana, uang cuma indikator. Kalau ukuran sukses cuma uang, maka betapa mudahnya menjadi sukses. Ada pengusaha yang dianggap sukses padahal usaha yang dijalaninya adalah usaha turun temurun. Atau ada karyawan yang dianggap sukses karena sudah punya mobil, rumah, dst, padahal uangnya didapat dari hasil korupsi. Itukah cerminan sukses? Sukses adalah ketika anda mampu mendobrak apa yang orang lain pikir bahwa anda tidak mampu melakukannya. Sukses adalah ketika anda berhasil mencapai apa yang bahkan tidak terpikirkan oleh anda sebelumnya. Sukses ibarat puzzle yang dibangun oleh berbagai hal yang diperoleh dari belajar, mendengar, berpikir, strategi, ketekunan, komitmen, dst. Sukses bukan seberapa cepat anda naik ke posisi tertinggi, tapi seberapa jauh jangkauan anda. Untuk itu anda juga perlu menguji seberapa jauh anda mampu sukses. Sukses juga membutuhkan pembelajaran. 

passion itu adalah

Do what you love and love what you do. Artinya lakukan apa yang kamu sukai dan sukai apa yang kamu lakukan. Kita sering melakukan apa yang tidak kita sukai, tapi karena tuntutan pekerjaan maka kita merasa terpaksa mengerjakannya. Kadang kita juga perlu membuat diri kita tertarik pada apa yang tidak kita sukai. Caranya bagaimana? Pikirkan tentang hal yang menyenangkan, salah satunya uang. Semua orang suka uang, termasuk kita. Jadi kita juga bisa menstimulasi diri kita dengan berpikir soal uang. Tidak selalu uang tapi bisa juga dengan berbagi pengetahuan. Contoh, ada masa dimana saya bosan karena setiap hari berkutat dengan keyword, keyword dan keyword. Lalu mulailah saya menulis ebook yang awalnya sebagai catatan pribadi, tapi saya ingin membuatnya sistematis agar orang yang membaca ikut paham dan senang. Lama-lama saya menyukasi SEO karena ebook saya banyak disukai orang, saya bisa mengajar kursus privat, saya mendirikan grup Paranubi di facebook, dst. Jadi, ketika anda tidak punya alasan menyukai apa yang harus anda lakukan, pikirkan tentang hal-hal yang menyenangkan antara lain dengan cara berbagi pengetahuan.

pentingnya fokus dalam bekerja

Semua bisnis harus konsisten. Kalau belum apa-apa trus kita mau menekuni yang lain, jelas kita akan mengetahui banyak hal tapi tidak menguasai satupun. Padahal lebih baik menguasai satu hal daripada tahu banyak hal tapi tidak paham. Hal ini juga memudahkan kita untuk melakukan pengembangan-pengambangan usaha (omset). Seperti contoh yang disebutkan di atas sebelumnya, udah laku bisnis hotel eh malah pengen nyoba bisnis batubara. Padahal kalo konsisten sama bisnis yang udah menghasilkan, kan tinggal melakukan scale up aja antara lain dengan duplikasi. Contohnya ada orang yang bisa menghasilkan $1000 dari adsense, nah mungkin ia cuma bisa menghasilkan $1 dari 1 blog tapi punya 1000 blog. Kuncinya ya konsisten. Faktanya, nggak ada orang yang bisa menguasai semua hal sama baiknya. Jadi nggak apa-apa punya bisnis yang penghasilannya kecil tapi tekun, toh kelak bisa diperbesar. Kalau kita konsisten, semua hal akan menghasilkan. Orang-orang yang sukses justru karena konsisten pada satu hal dan ia melewati proses panjang. Ketika orang-orang sukses bermunculan maka membuat anda galau. Padahal kalau anda juga konsisten, kelak anda akan menjadi salah satu dari orang sukses.

cara meminimalisir resiko bisnis

Salah satu bagian dari strategi bisnis adalah minimalisir resiko. Seperti yang telah dijelaskan pada bagian “apa itu bisnis” bahwa bisnis adalah aktifitas yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.  Kita bisa membantu memasarkan produk orang lain, dengan demikian kita meminimalisir resiko jika kita memproduksi produk sendiri. Misalnya jasa pembuatan website, kita bisa bekerjasama dengan web developer. Kita cukup mengambil sebagian kecil keuntungan, tapi kita bisa fokus untuk meningkatkan laba. Cara lain meminimalisir resiko adalah belajar langsung pada ahlinya. Seringkali kita berpikir bahwa contohnya mengikuti biaya “kursus seo jualan online” sebesar 1,5 juta adalah mahal. Tetapi pertimbangkan bahwa dengan mengeluarkan biaya kursus seo online artinya kita sudah menghemat waktu untuk bereksperimen, analisa sampai menemukan metode yang tepat.  Anda bisa memilih belajar sendiri SEO sendiri tapi pikirkan bahwa jika anda gagal maka anda sudah membuang waktu banyak yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan hal lain. Meminimalisir resiko berarti juga melakukan efisiensi dan optimalisasi produktifitas kerja. 

strategi pemasaran untuk bisnis online

Semua bisnis mampu bertahan jika menggunakan strategi. Anda tidak perlu mengubah orang untuk menyesuaikan dengan kebiasaan anda, tetapi anda akan lebih efektif menjual sesuatu jika anda memahami seperti apa karakter calon konsumen anda. Ini dikenal dengan “market behaviour” yaitu mengenali perilaku dan kebiasaan para calon konsumen anda. Secara sederhana, jika konsumen anda diibaratkan bebek, maka beri ia cacing. Jika konsumen anda ibarat kucing, maka beri ia ikan. Ini bagian dari strategi. Anda salah besar jika anda memaksakan diri untuk memberi wortel kepada buaya atau malah memberi daging ayam mentah kepada kelinci. Kalau anda ingin menjual makanan makan siang, akan lebih tepat lokasi anda berada di lingkungan perkantoran. Meskipun anda hanya menjual soto ayam atau gado-gado atau makanan sejenisnya. Bagaimana dengan produk yang dijual secara online? Anda bisa belajar bagaimana menjual produk secara online dengan menyesuaikan perilaku pengguna Google. Kalau strategi anda benar, anda hanya perlu melakukan faktor kali. 

manfaat orang yang selalu bersyukur

Bersyukur adalah bagian dari sukses. Bersyukur itu penting. Dengan bersyukur sebetulnya anda sedang menghitung aset. Dengan memahami aset yang anda miliki artinya anda sedang mengkaji aset mana yang potensial. Kita ibaratkan kehidupan anda seperti gudang. Bagi orang yang lupa bersyukur, maka ia akan memulai bisnis dengan pergi ke toko dan berbelanja barang-barang yang diperlukan. Bagi orang yang bersyukur, mula-mula ia akan pergi ke gudang dan melihat barang apa saja disana yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis. Bersyukur berarti kita sedang melongok ke dalam. Kembali ke bagian personaliti, dimana kalau kita bersyukur maka kita akan memahami bahwa kita suka dilayani dengan ramah ketika kita membeli kebutuhan dengan berbelanja di warung misalnya. Jadi ketika kita mau memulai bisnis kecil-kecilan dengan membuka warung, maka kita juga akan memasukkan unsur keramahan tersebut ke dalam daftar bisnis kita. Bersyukur juga merupakan bagian dari proteksi aset. Misalnya dari hasil penjualan kita hanya memperoleh 50.000 rupiah tiap hari. Dengan bersyukur maka kita kita akan mempertahankan agar pendapatan rutin 50.000 tiap hari itu tidak hilang sambil mengembangkan untuk meningkatkan omset.

bagaimana cara sukses dalam bisnis

Sukses itu gampang. Buatlah target, anda harus bisa menjual 1. Jika sudah bisa menjual 1 maka lanjutkan menjual 2, lalu 3 dan seterusnya. Sukses adalah ketika kita membuat target dan berhasil melakukan pencapaian. Kita tidak perlu membuat target besar yang sulit untuk dicapai, karena kita juga perlu menyesuaikan dengan kemampuan. Untuk itu anda harus yakin dan konsisten. Sukses tentu butuh pengorbanan. bagaimana cara sukses dalam bisnis. Kalau anda mampu bertahan menjalani proses maka anda akan berhasil. Penderitaan di saat merintis sukses itu seperti melewati lubang jarum. Sukses juga perlu dipertahankan sedangkan bisnis adakalnya menurun. Jika penjualan anda menurun atau tidak sebaik sebelumnya, jangan khawatir, semua pebisnis mengalami itu. Pada masa penurunan penjualan, buatlah konsep baru, inovasi baru. Dengan demikian anda memanfatkan waktu secara efisien. Biasakan untuk melakukan inovasi secara periodik. Intip junkfood seperti Kentaki Pret Ciken, setiap beberapa bulan sekali muncul menu bubur ayam lalu hilang, digantikan menu lain lalu hilang, terus berganti sedangkan menu utama tetap ada. Untuk sukses, anda juga harus tetap terlihat menarik di mata pembeli, caranya dengan inovasi.

cara meningkatkan penjualan produk online

Kalau ingin memperbesar bisnis, kita cuma tinggal scale up aja. Di dalam pelajaran musik juga sebetulnya udah ada sih. Kalo kita maen doremi di senar paling atas, maka kalo maen di senar bawah ya posisi doremi nya sama. Cara meningkatkan penjualan produk online, kalo udah punya bisnis yang penghasilannya udah stabil, cuma tinggal niru aja, istilahnya duplikasi. Contohnya kita buka warnet deket kampus, rame. Jadi kalo pengen perbesar penghasilan ya cari kampus lagi aja trus buka warnet. Atau misalnya kita jualan tas kulit kita kasih merk sendiri namanya kupukupu. Nah kalo kita pengen perbesar omset kita ya kita jualan tas kulit lagi aja dengan merk berbeda misalnya kutukutu, barangnya sama. Pernah merhatiin brand besar? 1 pabrik kadang ngeluarin barang yang sama tapi merk nya beda-beda. Paling gampang itu contohnya sambel, ada sambel pedas, sambel agak pedas, sambel pedas manis, dst. Kita juga gitu, duplikasi aja dari yang udah sukses. Seringnya malah orang senang ngambil resiko, udah sukses bisnis hotel trus ekspansi ke bisnis batubara, yang ada bukan untung malah rugi. Kalo udah sukses bisnis hotel ya buka hotel lagi, kan tinggal duplikasi aja dari segi manajemen sampe promosi. 

kepribadian dalam bisnis

Bisnis itu seringkali subyektif. Adakalanya kita membeli suatu produk bukan karena produknya bagus tapi karena pelayanannya atau bahkan karena siapa yang menjual dan bukan apa yang dijual. Ada banyak orang yang menjual produk yang sama atau serupa, tapi satu hal yang membedakan adalah pelayanan. Pada intinya, orang mau terlibat bisnis jika merasa nyaman. Salah satu alasan merasa nyaman karena muncul dari pelayanan yang diberikan. Bahkan dalam bisnis seringkali yang pertama ditawarkan bukan produk tapi pelayanan, contohnya subscribe pada situs tentang blogging. Untuk bisnis perorangan maka disinilah pentingnya personaliti. Kalau anda merasa berat untuk melayani orang, maka bayangkan saja bahwa anda seorang artis dimana ketika anda berada pada jam kerja maka anda harus menghibur orang. Bisnis ibarat penghibur, jika anda bisa membuat konsumen senang maka konsumen tidak akan segan mengeluarkan uang. Dalam falsafah dagang orang Tionghoa, dipercaya bahwa konsumen yang senang akan datang kembali untuk berbelanja. Beberapa sales marketing seperti lintas.me bahkan menggunakan metode menjalin teman sebanyak-banyaknya, dan bukan berjualan. Karena pertemanan yang baik pasti akan saling membantu.

jadilah pribadi yang unik dan berbeda

Kalau mau terjun ke bisnis, sebaiknya pilih produk yang unik karena produk yang unik itu minim pesaing. Saya selalu membayangkan produk unik itu ibarat 10 buah bola dimana 9 bola berwarna hijau dan 1 bola berwarna merah. Mana warna bola yang terlihat mencolok? Tentunya yang berbeda dari warna lainnya. Produk umum cenderung bersaing harga yang tidak sehat, bahkan cenderung saling menjatuhkan karena persaingan.  Produk yang unik harganya bisa sedikit lebih tinggi karena harga modalnya sulit dilacak, sehingga sulit juga pembeli untuk mengatakan murah atau mahal. Contoh, pernahkah anda membeli barang di toko yang tidak diletakkan di etalase depan? Anda tidak menyadari bahwa harganya lebih tinggi dan anda tidak bisa mengatakan bahwa harga barang itu mahal atau murah karena anda tidak punya pembanding. Suatu barang dikatakan mahal atau murah jika ada pembanding atau diketahui harga modal dasarnya. Produk unik nggak mesti produk baru tapi bisa juga produk biasa yang dimodifikasi. Ada banyak produk unik misalnya bakso bakar, burger batok, ayam lepas, kaos 3D, dst. Atau setidaknya anda pilih menjual produk yang jarang dijual orang tapi dibutuhkan banyak orang.

bagaimana cara melihat peluang bisnis yang baik

bagaimana cara melihat peluang bisnis yang baik? Usahakan cari peluang bukan uang. Dimana ada peluang, disitu ada banyak cara untuk mendapatkan uang. Tapi kalau motivasi kita uang, kita hanya akan terpaku kepada satu titik sehingga ada peluang lain yang luput. Salah satu aspek sukes dalam bisnis adalah mampu melihat peluang. Kalau cara kita menggarap peluang sudah benar maka uang akan datang dengan sendirinya. Banyak orang maunya dapat uang dengan cepat, banyak, besar, tapi tidak fokus pada bagaimana cara yang benar untuk menggarap peluangnya. Dapat uang itu mudah, contohnya kalau anda ingin dapat uang anda bisa keluar rumah lalu keliling komplek menjual risol atau pastel dengan mendatangi rumah tetangga satu persatu. Tapi kalau anda mau mempelajari peluang, anda bisa menawarkan pastel dan risol untuk acara rapat di sekolah-sekolah, menawarkan ke ketua RT untuk konsumsi acara arisan dimana 10% dari harga jual untuk komisi ketua RT. Cuma itu? nggak, masih banyak lagi. Anda juga bisa mendatangi showroom mobil atau motor, karena mereka sering menggelar event yang pastinya butuh snackbox dalam jumlah banyak. Jadi kalau anda fokus pada peluang, anda akan memperbesar omset. Tapi kalau anda fokus pada uang, anda hanya akan sibuk berhitung laba.

cara memulai bisnis online untuk pemula

Untuk memulai bisnis kadang membutuhkan modal. Tapi ada jenis memulai bisnis online untuk pemula yang tidak membutuhkan modal besar. Anda bisa mendatangi produsen lalu anda menawarkan untuk memasarkan produk mereka. Tanyakan berapa komisi yang bisa anda dapatkan. Komisi tidak perlu besar yang penting bisnis berjalan dengan baik. Kalau anda sudah bisa memasarkan produk tersebut dan permintaan cukup baik, anda bisa melakukan negosiasi ulang besaran komisi. Jika pembagian komisi dirasa kurang adil, anda bisa mengambil produk yang sama dari produsen lain, karena anda yang menguasai pemasaran di satu sektor. Inti pemasaran adalah permintaan, jika permintaan sangat tinggi, anda bisa menjadi pengepul dimana anda bisa mengambil produk dari beberapa produsen yang berbeda. Penjualan produk selalu dikuasai oleh pemasaran. Jika persediaan berlimpah dan penjualan rendah maka harga produk akan turun. Sedangkan jika persediaan rendah sedangkan permintaan tinggi maka harga produk akan naik. Bisnis yang baik adalah jika persediaan dan penjualan berimbang sehingga anda sebagai pemasar dan produsen sama-sama diuntungkan. Jika semua sama-sama diuntungkan maka bisnis akan langgeng. 

cara belajar bisnis online untuk pemula

Cara belajar bisnis online untuk pemula tapi dibayar, ada banyak. Salah satunya adalah cari perusahaan yang butuh tenaga kita. Usahakan jangan magang karena pemagang biasanya jarang diberi kendali pekerjaan secara penuh. Masih lebih baik kita jadi pekerja dengan bayaran murah daripada magang. Seringnya, bayaran magang dengan pekerja baru itu bedanya dikit, cuma bedanya pekerja pemula punya akses ke data penting. Cara lainnya adalah cari job-job berskala besar meskipun bayarannya kecil. Job-job besar lebih rumit sistemnya tapi bikin kita cepat pintar. Saya juga akan cari job dengan nilai jual tinggi, contohnya saya akan memilih dapet job SEO perbankan daripada saya dibayar mahal untuk job SEO perorangan. Saya menyebutnya “nilai jual tinggi” karena di Indonesia seperti itu, saya akan lebih dihargai kalo saya pernah bekerja di Bank Capek Antri walaupun cuma opis boi daripada saya jadi Manajer di BPR misalnya. Jadi selain belajar, saya sekaligus dapet portofolio. Tapi semua hal diatas tergantung ketersediaan kesempatan juga. Kalo emang kesempatannya nggak ada, ya kita menciptakan kesempatan sendiri aja. Misalnya, kita nawarin jasa bikin blog murah. Nah, disitu kita bisa mengasah keahlian sambil bikin studi kasus. Enak kan, kita belajar tapi dibayar?

pilih jadi pengusaha atau karyawan

Pilih jadi karyawan atau pengusaha ya sama baiknya. Pada saat bekerja, yang penting kita belajar dari apa yang sedang kita kerjakan. Pelan-pelan kita menguasai pekerjaan tersebut dan menjadi ahlinya. Kalau kita tidak mau belajar dari apa yang kita kerjakan, akhirnya kita hanya seperti robot yang bekerja tanpa mengerti apa yang kita kerjakan. Menjadi pengusaha juga begitu, kalau tidak mau belajar dari apa yang dikerjakan maka usahanya tidak akan berkembang.  Kembali ke topik salah satu bab dimana salah satu cara “belajar tapi dibayar” adalah dengan menjadi pekerja. Intinya, semua tetap harus belajar karena belajar adalah bagian dari proses menyesuaikan diri. Kalau kita nggak mau belajar, kita bakal seperti dinosaurus yang punah karena tidak mampu menyesuaikan diri. Binatang lain banyak kok yang mampu melewati proses evolusi contohnya komodo, buaya, kura-kura, dst. Pengusaha juga butuh pekerja dan pekerja bukan tidak mungkin kelak akan menjadi pengusaha. Pekerja dan pengusaha saling membutuhkan dan dibutuhkan. Pengusaha yang baik memahami kebutuhan pekerja dan pekerja yang baik mampu melakukan pekerjannya sesuai prosedur. Semua bersinergi.

penampilan pengusaha muda

Penampilan pengusaha muda atau pebisnis identik dengan necis, keren, jam tangan mahal, mobil keren. Bah! Itu mah di tipi! Jangan ditiru. Pebisnis nggak harus tampil kayak gitu kok. Kalo mau terjun ke bisnis, jangan mikirin penampilan, tapi pikirin dulu gimana buat ngembangin bisnis selanjutnya, pikirin lagi gimana supaya penjualan bisa stabil seterusnya, perbaiki manajemen, dst. Kalo ada pebisnis yang dandannya necis, itu karena dia harus ketemu klien yang necis juga. Banyak kok pengusaha yang kaya raya tapi penampilannya mirip kuli. Coba liat pengusaha tambang emas di pedalaman, bawa duit ratusan juta pake kantong kresek. Penampilannya alamak .. masih keren mbok-mbok bakul sayur di pasar. Kalo di kota pake Fortuner biar gagah, kalo di pedalaman pake fortuner karena jalannya rusak berat. Jadi kalo ada pengusaha yang dandan necis, itu karena kebutuhan untuk meeting dengan klien. Trus kalo pebisnis nggak boleh tampil keren gitu? Boleh aja. Malah dandan keren juga kadang ada manfaatnya, membuat nyaman klien. Kembali ke topik di atas,  dandan keren ya disesuaikan aja dengan kebutuhan. Intinya, jadi pebisnis aja udah termasuk keren kok.

produk yang bisa dijual lewat internet

Ada banyak produk yang bisa dijual lewat internet. Tapi tiap kali ada yang mau jualan online pasti bingung mau jualan apa, trus pm saya en nanya-nanya. Saya selalu menekankan agar menjual produk yang dimengerti. Dalam arti ngerti mau dijual kemana, ngerti produknya apa, ngerti bakal dapet untung berapa, ngerti cara jelasin produknya, dst. Contoh, kita mau jualin mobil ferari tapi kita nggak tau dalemnya kayak apa, seberapa kencengnya, kalo kelelep banjir mesinnya mati apa nggak? Nah lo, ... belom pernah liat ferari kelelep banjir kan? Masih mending kita jualan misalnya kerupuk. Jadi kalo orang nanya, kita masih ngerti-ngerti dikit kasih jawaban. Minimal masih bisa ngeles-ngeles dikit :D Banyak produk yang bisa dijual lewat internet. Pada dasarnya semua produk bisa dijual dan ada pencarinya. Contoh, kalo kamu disuruh jual spare part pengeboran minyak misalnya, pasti bingung mau jual kemana? Jadi, pilih produk yang kita ngerti mau dijual kemana atau ke siapa. Jangan terpaku pada untung besar, bahkan seringkali ada produk yang dibutuhkan banyak orang tapi yang nyediain (jual) malah nggak ada. Contoh kecil air mineral dalam kemasan, pada saat dalam perjalanan kan nyari aer minum susah bener. Nah dengan adanya air minum dalam kemasan maka kita dipermudah. Jadi jual produk yang berorientasi kepada kebutuhan.

cara memulai bisnis online tanpa modal

Mulailah bisnis dari hal-hal kecil. Banyak pemula bisnis yang ingin untung besar sehingga nekat mengeluarkan modal besar untuk usaha yang belum pasti, akhirnya bangkrut. Mau bisnis ya cari aja produk yang sering dicari orang contohnya sabun mandi. Kan ada tuh sabun pepaya, nah bisa dijual ke tetangga, ke temen kantor, sodara, di acara arisan, dst. Atau beli sabun jadi trus bikin kemasan unik, nah harganya bisa naik. Selalu ada nilai tambah bagi orang-orang yang kreatif.  Atau kalo punya resep unik gado-gado, coba deh jualan gado-gado depan rumah. Bikin yang enak, mahal gak apa-apa. Nggak usah banyak-banyak, tiap hari cukup 10 porsi. Kombinasikan promosi online misalnya, bakal mantep banget tuh. Bisnis itu jangan niru orang tapi manfaatkan potensi diri. Hahaha .. Om Diar kocak abis, masa ane disuruh jualan gado-gado? Hus ! Pernah denger gado-gado Boplo? Itu lo yang bumbunya pake kacang mede. Nah, baru denger kan? Makanya jangan ngetawain dulu. Kita juga begitu, kalo ide kita belum diketawain orang artinya ide kita belum unik. Coba beli tabloid yang isinya bisnis, jualannya aneh-aneh dari mantel karakter, baju renang muslim, dst. Makin unik makin sedikit saingan. Nah begitu pula cara memulai bisnis online, bisa dimulai tanpa modal. 

pengertian bisnis secara umum

Bisnis itu semua aktifitas yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan. Itu kata wikipedia, bukan kata saya :D Coba deh bikin risol atau pastel trus jual di acara arisan, itu udah termasuk bisnis. Bisnis itu nggak perlu gede, yang penting kita paham mau kemana, ngapain aja, dijual ke siapa, untungnya berapa, bisa dijual berapa lama, dst.

Penilaian bisnis adalah aktifitasnya dan bukan jumlahnya. Banyak orang berpikir bahwa bisnis itu harus besar sehingga aktifitas yang kecil tidak termasuk bisnis. Ketika kita melakukan suatu kegiatan yang berorientasi kepada keuntungan, maka itu sudah termasuk bisnis. Bisnis itu bukan berorientasi kepada uang tetapi kepada keuntungan. Misalnya saya menerima order jasa pembuatan website tetapi karena alasan tertentu maka saya berikan order tersebut kepada anda. Tetapi ketika suatu kali anda menerima jasa SEO, maka anda akan melemparnya kepada saya. Barter seperti itu tidak langsung menghasilkan dalam bentuk uang tetapi memberikan keuntungan, maka itu sudah termasuk bisnis. Jadi, bisnis itu bukan uang, uang hanya dampak. Di dalam bisnis mencakup strategi, dst.

masa kecil saya terasa indah

tanggal 17 Januari nenek saya meninggal di usia 87 tahun. Secara fisik masih sehat, badannya masih tegak, mengaji masih lancar, nggak ada keluhan penyakit, sholat 5 waktu. Beliau generasi terakhir karena semua kakek, nenek termasuk mbah-mbah (adik-adik dari kakek dan nenek) sudah meninggal semua. Kami memanggilnya Eyang, kependekan dari Mamah Serang (Serang nama kota di Banten). Keluarga mama saya orang Banten asli, kakek saya di masa mudanya jawara di Ciomas.

Saya ikhlas atas kepergiannya karena beliau banyak mengajarkan hal-hal baik yang bermanfaat sampai saat ini. Beliau juga membuat masa kecil saya terasa indah. Waktu saya masih SD, sering ada peminta-minta ke rumah, lalu nenek saya ke dapur membungkus nasi dengan lauk ikan pindang layang (ikan cuwe) ditambah air putih di plastik. Kata Eyang, kalau kita nggak punya uang, kita bisa bantu orang dengan apa aja yang kita bisa.

Saya diperkenalkan pada ayat kursi oleh nenek saya saat kelas 5 SD, kelas 6 SD saya didorong harus hapal ayat Kursi, kelas 2 SMP saya baru bisa hapal total. Surat-surat pendek dan belajar sholat, dari nenek saya. Saya tertarik masak karena Eyang sering bikin penganan. Kalau ada nasi sisa, Eyang bikin Gipang, mirip brondong tapi terbuat dari nasi. Kalau ada roti tawar berlebih, Eyang bikin setup roti, mirip cake tapi dikukus dan terbuat dari roti tawar campur susu cair. Waktu rumah bapak saya masih di Pasar Minggu, Jakarta, halaman rumah berganti-ganti ditanami pohon buah. Kalau sedang musim jambu batu dan jambu air, oleh nenek saya dibuat kolak buah, warnanya bening, kadang diberi tambahan potongan nanas. Kalau sedang musim belimbing wuluh, oleh Eyang diparut, dibuang airnya lalu dicampur dengan pepaya mengkal yang diparut, dan dibuat selai. Dulu Eyang punya rumah makan di tempat wisata Batukuwung - Banten, yang dijual adalah menu bekakak ayam yang dipanggang selama 1 jam. Sejak saya kelas 1 SD, Eyang tinggal dengan orang tua saya karena suaminya menikah lagi.

Satu hal yang bisa saya petik, bahwa banyak anak-anak kecil yang mungkin hidupnya kurang beruntung, tapi kita bisa membuatnya agar punya 'sedikit' pengalaman baik yang mungkin kelak akan diingatnya selalu sehingga menginspirasi agar juga menjadi orang baik dan berlaku baik. Dengan apa? Dengan sedikit perbuatan baik yang kita lakukan, misalnya dengan memberi makanan, uang, atau apapun yang kita bisa. Itu sebabnya saya ingin terus bisa berbagi dengan anak-anak panti asuhan, karena Eyang membuat bagian masa kecil saya terasa indah.

Postingan Populer