cara belajar membuat blog gratis

Ada banyak sekali cara membuat blog yang gratis diantaranya dengan menggunakan blogspot. wordpress, weebly, webs, dan sebagainya.

Keuntungan bagi pen gguna
Apa sih keuntungan menggunakan blog gratis? Blog gratis bisa digunakan sebagai media belajar membuat website sebelum kita menggunakan layanan berbayar yaitu membayar sewa hosting dan sewa domain tahunan. 

Keuntungan bagi penyedia layanan
Kok gratis? Lalu apa sih keuntungan bagi penyedia layanan? Si penyedia layanan memiliki keuntungan diantaranya jika penggunan layanan melakukan upgrade ke premiun alias berbayar setiap tahun. Selain itu beberapa sudut juga dipasangi iklan contohnya blog.com. Sedangkan pada blogspot, lebih tepat dikatakan sebagai strategi untuk menguasai pasar informasi. Blogspot adalah salah satu produk milik google dan google adalah bisnis penyediaan informasi melalui search engine. Bayangkan jika hasil pencarian pada google dikendalikan oleh misalnya wordpress yang notabene merupakan kompetitor di bidang penyediaan layanan blog. 

Resiko
Setiap situs yang menyediakan layanan membuat blog gratis memiliki kebijakan yang berbeda, disamping fitur yang disediakan juga berbeda. Menggunakan blog gratisan ada untungnya tapi juga ada resikonya karena harus mentaati semua peraturan yang berlaku. Dari segi fitur misalnya weebly tidak membolehkan kita memasang keyword pada title karena di-lock untuk pengguna gratisan, kecuali jika kita upgrade ke premium. Untuk Wordpress yang gratis, kita tidak diperbolehkan memasang banner jualan. Untuk blogspot lebih fleksibel tetapi banyak kasus jika jumlah pengunjung kita sudah sangat tinggi maka blog rentan dihapus. 

Cara membuat blog
Untuk membuat blog tergantung oleh alamat email yang digunakan. Untuk blogspot harus menggunakan gmail. Kelebihan gmail adalah bisa digunakan di semua layanan google diantaranya picasaweb yaitu situs layanan untuk menyimpan gambar secara online, google keyword planner yaitu situs untuk menganalisa keyword, dan sebagainya, termasuk untuk mendaftar di blogspot.

Postingan Populer