Bagaimana cara menulis artikel tanpa mengetik

Pasti anda penasaran kan dengan judulnya, "Bagaimana cara menulis artikel tanpa mengetik?". Jaman sekarang yang serba canggih, tentu saja hal itu menjadi mungkin. Caranya, Anda membutuhkan bantuan sofware yang disebut speech to text alias suara menjadi teks. Anda tinggal bicara lalu suara Anda akan ditampilkan menjadi teks. Jika sudah selesai, Anda bisa copy lalu paste ke dalam blog. Mudah bukan?

Sofware yang Saya Gunakan

Ada banyak sekali sofware speech to text yang tersedia di internet. Tapi dari sekian banyak yang sudah saya coba, saya lebih suka dengan speechnotes.co. Anda bisa langsung menggunakan sofware tersebut di situsnya speechnotes.co. Kelebihan sofware ini adalah kemunculan teksnya sedikit lebih cepat dibanding sofware sejenis lainnya. Sofware ini juga gratis, sama halnya dengan sebagian besar sofware sejenis lainnya, meskipun ada juga jenis sofware yang sama yang berbayar.


Alat Bantu

Untuk bisa menggunakan sofware ini, Anda perlu alat bantu berupa mikrofon. Tenang, Anda tidak harus menggunakan mikrofon bagus dan mahal. Saya sendiri hanya menggunakan mikrofon dari earset untuk smartphone Samsung dan hasilnya tidak ada masalah. Kalaupun Anda harus membeli earset seperti ini, harganya hanya sekitar 15-25 ribuan di toko asesoris handphone, tentunya lebih murah dibanding Anda harus membeli mikrofon khusus. Nah, bentuknya seperti ini : 


Cara Menjalankan Sofware

Nah, asyiknya menjalankan sofware ini adalah Anda tidak perlu donlot. Cukup buka situsnya saja, tampilannya seperti ini :


1. Pilih Bahasa
Langkah pertama adalah ubah dulu ke dalam bahasa yang ingin Anda gunakan, misalnya bahasa Indonesia. Sofware ini bekerja berdasarkan sinkronisasi suara dengan database. Jadi kalau Anda bicara dalam bahasa Jerman sedangkan pilihan bahasa belum diubah maka sofware ini bakalan kebingungan .. hahaha. Cara mengubah bahasa lihat di bawah ini :


Selanjutnya tinggal pilih bahasa yang akan Anda gunakan :


2. Colokkan Earset
Selanjutnya, Anda harus mencolokkan jack earset Anda ke colokan yang tersedia di laptop Anda. Lalu, klik ikon mikrofon pada sofware.

Jika mikrofon Anda sudah terhubung maka ikon mikrofon pada sofware akan menampilkan tanda titik merah yang berkelap kelip.

3. Tes Suara
Silakan tes dengan bicara pada mikrofon earset Anda. Saya sudah mencoba dan ini hasilnya.


4. Penambahan Tanda Baca
Nah, setiap kali Anda selesai membacakan 1 kalimat, Anda tentu perlu tanda titik. Anda cukup klik di sebelah kanan, atau untuk menggunakan tanda baca lainnya.



Nah, gampang kan cara menulis artikel tanpa mengetik? Sekarang menulis artikel bisa sambil nonton tivi, menyetrika, mengasuh anak, dll.


Postingan Populer