cara belajar bisnis online untuk pemula

Cara belajar bisnis online untuk pemula tapi dibayar, ada banyak. Salah satunya adalah cari perusahaan yang butuh tenaga kita. Usahakan jangan magang karena pemagang biasanya jarang diberi kendali pekerjaan secara penuh. Masih lebih baik kita jadi pekerja dengan bayaran murah daripada magang. Seringnya, bayaran magang dengan pekerja baru itu bedanya dikit, cuma bedanya pekerja pemula punya akses ke data penting. Cara lainnya adalah cari job-job berskala besar meskipun bayarannya kecil. Job-job besar lebih rumit sistemnya tapi bikin kita cepat pintar. Saya juga akan cari job dengan nilai jual tinggi, contohnya saya akan memilih dapet job SEO perbankan daripada saya dibayar mahal untuk job SEO perorangan. Saya menyebutnya “nilai jual tinggi” karena di Indonesia seperti itu, saya akan lebih dihargai kalo saya pernah bekerja di Bank Capek Antri walaupun cuma opis boi daripada saya jadi Manajer di BPR misalnya. Jadi selain belajar, saya sekaligus dapet portofolio. Tapi semua hal diatas tergantung ketersediaan kesempatan juga. Kalo emang kesempatannya nggak ada, ya kita menciptakan kesempatan sendiri aja. Misalnya, kita nawarin jasa bikin blog murah. Nah, disitu kita bisa mengasah keahlian sambil bikin studi kasus. Enak kan, kita belajar tapi dibayar?

Postingan Populer